ZOOM
Oleh : Richard Galih Prayoga, S.Pd

By MINUHASA 04 Mei 2021, 11:44:56 WIB ARTIKEL
ZOOM

ZOOM

Kondisi pendidikan di Indonesia hari-hari ini masih abu-abu, masih banyak polemik yang harus diselesaikan untuk memulai kembali PTM (Pembelajaran Tatap Muka) di setiap lembaga sekolah. Meskipun sudah banyak guru-guru yang telah melakukan vaksinasi, pihak pemerintah dan masyarakat (baca: wali murid) masih ragu dan takut untuk mengizinkan putra-putrinya kembali ke sekolah.

Selain itu, terdapat keengganan wali murid untuk masuk kembali ke sekolah karena meskipun masuk durasinya juga tidak seperti sebelum pandemi. Akhirnya, dengan keterpaksaan dan keterbatasan maka guru-guru menggunakan platform media sosial tertentu untuk melakukan pembelajaran, aplikasi/platform ini memiliki fitur-fitur berbayar dan gratis, dengan aplikasi ini siswa dapat langsung berkomunikasi dengan semua siswa dalam satu kelas, bisa memberikan materi secara realtime kepada anak-anak, bahkan aplikasi ini juga dipergunakan untuk karyawan yang bekerja secara jarak jauh/dari rumah bisa mengadakan pertemuan, diskusi, dan lain sebagainya.

Arti dari aplikasi ini memang relevan dengan fungsinya yaitu memperbesar/ diperbesar, maksudnya memperbesar keadaan yang jauh menjadi terlihat dekat, sehingga apa yang jauh dapat terasa lebih dekat. Sayangnya melihat fenomena hari ini, masyarakat kurang nge-zoom. Apanya? Kurang memperbesar rasa syukurnya, rasa empatinya, juga rasa tepa slira-nya.

 

ZOOM itu memperbesar, memperbesar rasa syukur, rasa empati, juga tepa slira

 

Kiranya strata sosial pada zaman kerajaan masih lekat dalam masyarakat kita, golongan darah biru dan merah sulit untuk menyatu dalam tatanan masyarakat yang rukun dan sejahtera. Hal ini memperjelas bahwa masyarakat Indonesia masih “terbelakang” akan makna Bhinneka, berbeda bukan hanya dalam ras, suku, dan bahasa melainkan faktor wilayah, ekonomi, SDA (Sumber Daya Alam) dan lain sebagainya, Harusnya hal ini sudah berlalu dan selesai setelah era reformasi, yang ada adalah semangat baru dengan kebhinnekaan menuju Persatuan Indonesia.

 

MINUHASA l Diberkahi - Dibanggakan - Dibutuhkan




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment