Ramadhan : Apa yang harus dilakukan?
Ramadhan

By MINUHASA 14 Apr 2021, 18:59:37 WIB ARTIKEL
Ramadhan : Apa yang harus dilakukan?

Ramadhan : Apa yang harus dilakukan?

MINUHASA NEWS, 14 April 2021

 

Pada tanggal 12 April 2021 pemerintah mengumumkan hasil sidang isbat untuk menentukan masuknya bulan ramadan pada tahun 2021,

Dengan suka cita masyarakat Indonesia bersiap melaksanakan salat tarawih berjamaa’ah di musholla masing-masing, meski masih diselimuti pandemi tidak menyurutkan antusias dan kegembiraan masyarakat Indonesia.

Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu masyarakat Indonesia, berbagai tradisi sudah disiapkan seperti tarawih, nyekar, megengan, dan masih banyak lainnya. Sebelum pandemi, tradisi diatas menjadi sebuah euforia tersendiri bagi masyarakat Indonesia bahkan menjadi sebuah destinasi wisata kebudayaan yang menarik bagi para wisatawan.

Bulan ramadhan selalu penuh dengan kajian islami dari fiqih sampai aqidah tersaji pada media elektronik maupun cetak bahkan dalam beberapa media elektronik menyajikan tayangan dari buka sampai santap sahur.

Namun, sebenarnya apa yang harus kita siapkan dalam menyambut bulan ramadhan, selain dengan berbagai tradisi yang sudah turum temurun kita jalankan. Menurut Prof. Quraish Shihab dalam wawancara di salah satu chanel youtube mengatakan bahwa persiapan di bulan ramadhan adalah tercemin dalam kata Marhaban Ya Ramadhan “Marhaban berasal dari kata rahab yang memiliki arti lapang, menyambut tamu dengan hati yang lapang” tutur beliau. Selain itu, ramadan merupakan momentum untuk memperbaiki apa yang salah dalam diri kita, siap membenahi beberapa kekurangan yang telah kita lalui 11 bulan kemarin “Makna Rahab yang kedua adalah tempat mengambil bekal, tempat memperbaiki.

Jadi,menyambut ramadhan kita harus mengistropeksi diri” jelas beliau kepada pembawa acara Najwa Shihab.

Oleh, karena itu dalam semangat Marhaban Ya Ramadhan mari kita menginstropeksi diri kita dan dapat mengambil bekal pada bulan ini untuk bekal kita ketika melakukan perjalanan akhirat nanti. (rgp)

 

MINUHASA | Diberkahi - Dibutuhkan - Dibanggakan




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment