Pembelajaran Tatap Muka di Kota Mojokerto Akan Dimulai Bulan Maret 2021
PPTM

By MINUHASA 25 Feb 2021, 21:14:45 WIB ARTIKEL
Pembelajaran Tatap Muka di Kota Mojokerto Akan Dimulai Bulan Maret 2021

Gambar : Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari bersama Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto, Amin Wachid saat menyampaikan kebijakan terkait pembelajaran di sekolah selama pandemi Covid-19.


SURYA.CO.ID, MOJOKERTO - Dinas Pendidikan Kota Mojokerto mulai melakukan persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk sekolah tingkat PAUD, SD dan SMP.

Persiapan PTM tersebut, menyusul berakhirnya kebijakan Work From Home (WFH) bagi guru di satuan lembaga pendidikan yang sekaligus tidak diperpanjang PPKM di Kota Mojokerto.

Jika tidak ada kendala yang berarti, maka sesuai rencana penerapan pembelajaran PTM di Kota Mojokerto, akan dimulai pada Maret 2021.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto, Amin Wachid mengatakan, berdasarkan imbauan dari Kemendikbud agar Pemerintah Daerah segera menyiapkan pembelajaran PTM. Sehingga, pihaknya telah berkirim surat yang ditujukan untuk seluruh lembaga satuan pendidikan agar segera menyiapkan pembelajaran tatap muka di sekolahnya.

Adapun poin dalam surat pemberitahuan itu, sehubungan berakhirnya PPKM di Kota Mojokerto dan selesainya toleransi WFH bagi guru diinstruksikan agar semua sekolah untuk melaksanakan persiapan pembelajaran PTM.

"Menyiapkan tatap muka atau PTM yang meliputi persiapan maksimal protokol kesehatan dan pelaksanaan PTM masih akan dikonsultasikan dengan Ibu Wali Kota Mojokerto selaku Ketua Tim Satgas Covid-19," ungkapnya, Selasa (2/2/2021).

Adapun 10 poin syarat sekolah yang membuka pembelajaran tatap muka di Kota Mojokerto sebagai berikut:

1. Memastikan keadaan lingkungan sekolah dalam keadaan bersih dan sehat sesuai protokol kesehatan.

2. Didepan sekolah dan setiap ruang kelas terdapat sanitasi yang memadai seperti sarana Cuci Tangan Pakai Sabun, Hand Sanitizer dan desinfektan yang dipastikan semua berfungsi baik.

3. Menyiapkan sarana toilet dalam keadaan bersih dan air berjalan lancar.

4 . Menyiapkan alat pengukur suhu tubuh (Thermogun) dan alat semprot desinfektan untuk alas kaki.

5. Mampu mengakses fasilitas pelayanan kesehatan dan Menyiapkan Sarana Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang memadai.

6. Pihak sekolah mengatur jarak tempat duduk siswa dengan jarak minimal 1,5 meter dan tidak ada kontak fisik, meja siswa sudah dipasang sekat.

7. Menyiapkan titik tempat penurunan dan penjemputan dengan memaksimalkan tidak terjadi penumpukan atau kerumunan.

8. Pihak sekolah menyediakan Stok cadangan masker.

9. Pihak sekolah menyiapkan jadwal pembelajaran secara PTM dan Daring.

10. Mendapatkan persetujuan komite sekolah atau perwakilan dari orangtua maupun wali.

Dindik Kota Mojokerto berkolaborasi bersama Tim Satgas Covid-19, juga telah memastikan sekolah memiliki sarana dan prasarana prokes seperti yang dilakukan pada uji coba pembelajaran PTM kemarin.

"Sehingga, kami meminta kepala sekolah dan guru menyiapkan pembelajaran tatap muka di Bulan Februari ini. Kalau sudah siap, kami lihat perkembangan jika situasi memungkinkan maka akan segera diterapkan PTM," ucap Amin.

Menurut dia, pelaksanaan PTM juga tetap memberlakukan pembatasan porsi siswa yang mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah.

Sehingga, siswa yang belajar tatap muka di sekolah PAUD hanya diperbolehkan hanya sebanyak 5 orang dari biasanya berjumlah 15 orang.

Kemudian, siswa masuk tatap muka ditingkat SD dan SMP hanya sebanyak 50 persen, dari jumlah keseluruhan siswa di masing-masing lembaga satuan pendidikan.

Sedangkan, siswa yang belajar tatap muka di sekolah SLB, sebanyak 5 orang dari biasanya yang maksimal mencapai 8 orang

"Mudah-mudahan kasus Covid-19 sudah melandai, bersamaan dilakukan vaksinasi. Sehingga direncanakan pembelajaran tatap muka di sekolah di awal bulan Maret 2021," bebernya.

Amin menuturkan, pihaknya optimistis komite sekolah maupun wali murid setuju penerapan pembelajaran PTM di sekolah.

Pasalnya, pembelajaran daring dinilai kurang efektif jika dibandingkan pembelajaran secara langsung tatap muka di sekolah.

"Saya optimis orang tua wali murid setuju. Terpenting, orang tua yakin bahwasanya sekolah aman karena menerapkan prokes secara ketat selama proses pembelajaran di lingkungan sekolah," tandasnya.

Sumber : https://surabaya.tribunnews.com/amp/2021/02/02/pembelajaran-tatap-muka-di-kota-mojokerto-akan-dimulai-bulan-maret-2021




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment