Agar Puasa dan Ibadah Ramadhan Tetap Semangat, Ini Doa yang Diajarkan Nabi
Doa nabi

By MINUHASA 22 Apr 2021, 20:23:09 WIB ARTIKEL
Agar Puasa dan Ibadah Ramadhan Tetap Semangat, Ini Doa yang Diajarkan Nabi

 

Agar Puasa dan Ibadah Ramadhan Tetap Semangat, Ini Doa yang Diajarkan Nabi

Ramadhan disambut dengan rasa syukur dan semangat beribadah. Apalagi Allah menjanjikan pahala yang banyak untuk segala kegiatan positif di bulan ini.

Namun, meraih puasa di bulan ini bukan hal yang mudah.

Suasana Ramadhan sering kali dirasakan berbeda bagi orang yang berpuasa. Panas yang terik dan pekerjaan menguras tenaga dapat menjadi alasan membatalkan puasa dengan sengaja. Begitu pula amalan tarawih, tilawah, dan lain-lain yang berkurang.

Hal tersebut dapat dilihat dari makin berkurangnya jamaah tarawih di masjid dan mushala. Ujian istiqomah berpuasa, amal, dan ibadah di bulan Ramadhan makin bertambah seiring mendekati akhir bulan.Untuk itu Rasulullah mengajarkan muslim doa agar selalu istiqomah dalam menjalankan kebaikan dan kekuatan berpuasa.

Beberapa doa yang dimaksud, antara lain di bawah ini :

1. Doa Meminta Kekuatan Beribadah

Alloohumma a’innii ‘alaa dzikrika wasyukrika wa husni ‘ibaadatik

“Ya Allah, bantulah aku dalam mengingatMu, bersyukur kepadaMu dan memperbaiki ibadahku.” (HR Tirmidzi, An-Nasa’I, Abu Dawud, dan Ahmad)

2. Doa Memohon Kekuatan Agar Selalu Mengingat Allah

Allahumma qawwinii fiihi ‘alaa iqoomati amrika wa adziqnii fiihi halaawata dzikrika wa audzi’nii fiihi li adaai syukrika bikaramika wahfazhnii fiihi bihifzhika wa sitrika yaa absharan-naazhiriin.

Artinya : Ya Allah! Mohon berikanlah kekuatan kepadaku, untuk menegakkan perintah-perintah-Mu, dan berilah aku manisnya berdzikir mengingat-Mu. Mohon berilah aku kekuatan untuk bersyukur kepada-Mu, dengan kemuliaan- Mu. Dan jagalah aku dengan penjagaan-Mu dan perlindungan-Mu.

3. Doa Agar Disucikan Hati

Selain doa yang secara langsung meminta kekuatan dalam berpuasa, beramal dan ibadah, Rasulullah juga meminta disucikan hati. Hati yang suci akan lebih mudah dalam menjalankan perintah Allah dan menjaga ketakwaan.

Berikut ini adalah doa Rasulullah tersebut.

Allahumma ‘ati nafsi taqwaha wa zakkaha anta khairu man zakkaha anta waliyyuha wa maulaha

Artinya: "Ya Allah berikan jiwaku ini ketakwaan, sucikan ia, Engkaulah sebaik-baik yang mensucikannya, Engkau penolongnya dan pemiliknya.  (HR. Muslim) ***

sumber : https://seputartangsel.pikiran-rakyat.com/khazanah/pr-141803990/agar-puasa-dan-ibadah-ramadhan-tetap-semangat-ini-doa-yang-diajarkan-nabi

 

MINUHASA | Diberkahi - DIbutuhkan - Dibanggakan




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment